Rabu, 16 September 2015

Sejarah Interaksi Manusia dan Komputer

Dunia teknologi sekarang semakin canggih, hal yang tak mungkin serba mungkin. Ada orang gila yang ngobrol sama gatgetnya, ngobrol sama kucing juga bisa lewat smartphone, tertawa sendiri seperti orang gila, mandi bersama smarphoone karena tidak mau meninggalkan keseruan chatting bersama pujaan hatinya. Selain itu ada teman ngakunya best friend forever tetapi nyatanya itu bohong, ngakunya best friend tetapi temannya punya handphone kuno diabaikan karena handphone kuno tidak bisa dipasang game seperti getrice, COC. Begitulah manusia zaman sekarang tergila-gila dengan teknologi, Tetapi tidak tahu sejarangnya, tetapi akan lebih baik jika tahu sejarah tentang inteaksi manusia dan komputer. 

Interaksi manusia dan komputer adalah hubungan antara manusia dan komputer yang saling bertimbal balik, jika user memerintahkan suatu perintah kepada komputer maka komputer akan meresponenya sehingga bisa dikatakan interaksi manusia dan komputer tetapi jika tidak ada perintah dari user maka computer tidak akan merespone sehingga tidak bisa dikatakan interaksi manusia dan komputer.

Kenapa interaksi manusia dan komputer muncul ? Interaksi manusia dan komputer muncul karena : 
  1. Kebutuhan manusia terhadap komunikasi;
  2. Kemampuan komputer untuk mendukung kebutuhan komunikasi manusia tergantung kemudahan yang dirasakan manusia dalam menggunakannya. 


Manusia adalah makhluk social yang membutuhkan pendukung, bantuan dari sesama manusia, bantuan dari teknologi yang akan mempermudah kegitan sejari-harinya dan bantuan dari elemen yang lainnya. Sehingga muncullah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) untuk menunjang kegiatan manusia. Teknologi semakin berkembang karena factor kebutuhan manusia terhadap komunikasi, berikut adalah tahapan perkembangan IMK :  

Pengenalan GUI (Graphical User Interface) :

  1. Tahun 1970 : penelitian di Xeroxs Palo Alto Research Center memperkenalkan mouse, pointing dan selecting GUI sebagai metode utama komunikasi manusia dan komputer.
  2. Tahun 1974 : Xerox memperkenalkan mouse seperti yang dikenal sekarang.
  3. Tahun 1981 : Star (Xerox) double click, overlapping windows, 1024 x 768 monochrome.
  4. Tahun 1983 : Machintos (Apple) dengan revolusi konsep antarmuka menggunakan desktop metaphor (files seperti kertas, directories seperti folder) dan drag and drop. d) 
  5. Tahun 1985 : Window 1.0 (Microsoft) dan Amiga 100 (Commodore).
  6. Tahun 1987 : Machintos II (Apple) Machintos berwarna, sedangkan X windows semakin dikenal. 
  7. Tahun 1988 : NextStep (Next), mensimulasikan layar 3-dimensi. 
  8. Tahun 1989 : Beberapa GUI berbasi Unix dirilis: Open Look (AT&T), Motif for the open software foundation DEC dan HP) 


Contoh penerapan IMK di bidang akademik adalah Sistem Informasi berbasis web, tampilannya menarik, mendukung ke semua device, mudah digunakan. Sistem informasi ini memudahkan dalam administrasi di perusahaan, sekolah dan lembaga yang lainnya. Contoh aplikasi yang saya buat adalah sistem informasi di sekolah informal yang bisa mendukung aplikasi dari pusat sehingga petugas tidak perlu memasukan data ulang, tetapi dapat membackup dari sistem informasi ini dan kemudian diupload langsung ke aplikasi web pusat.

Gambar 1 Tampilan Home Gambar
Gambar 2 Tampilan Home Small

Gambar 3 Tampilan Input Data


Gambar 4 Tampilan Menghapus Data
Gambar 5 Tampilan Mengubah Data

Artikel Terkait

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kmren saya buka jwbnnya notfound ya udah lumayan menarik artikelnya kurangnya foto penemu atau pengembang imk, 77 point

Posting Komentar

Artikel Terbaru